5 Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Paling Populer yang Sayang untuk Dilewatkan

5 Wisata Air Terjun Sumatera Selatan Paling Populer yang Sayang untuk Dilewatkan! Berkunjung ke Sumatera Selatan tidak akan lengkap tanpa mengunjungi berbagai objek wisata yang tidak kalah eksotisnya dengan wilayah lainnya. Salah satunya adalah wisata air terjun yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda bisa mengabadikan pesona dan daya tarikĀ  keindahan alam Sumatera Selatan melalui jepretan kamera.

Wisata Air Terjun Sumatera Selatan

Baca juga artikel lain di : http://firdaus.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Untuk bisa mencapai lokasinya, Anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup panjang yaitu antara 5 sampai 7 jam perjalanan. Namun rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan pesona keindahan alam yang akan membuat rasa lelah menjadi rasa kagum. Berikut 5 wisata air terjun yang populer di Sumatera Selatan.

Air Terjun Embun

Wisata air terjun Sumatera Selatan yang satu ini berada di sebelah timur kaki Gunung Dempo, tepatnya ada di Kelurahan Curup Jare, Desa Dempo Makmur, Pagar Alam. Untuk tiba di lokasi Air Terjun Embun membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan darat atau sekitar setengah jam jika menggunakan penerbangan lokal.

Anda harus berjalan meniti ratusan tangga untuk bisa mencapai air terjun ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter namun dengan intensitas air yang tidak terlalu deras. Anda bisa berenang sambil menikmati sensasi air yang tertumpah dari ketinggian dan berubah menjadi embun yang menjadi ciri khas wisata yang satu ini. Itulah sebabnya destinasi pariwisata Indonesia terpopuler yang satu ini dinamakan air terjun Embun.

Air Terjun Maung

Wisata air terjun Sumatera Selatan yang berikutnya adalah air terjun Maung. Curup Maung ini memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter dengan tinggi dan lebar dinding yang sama. Airnya sangat jernih, segar dan alami walaupun saat musim hujan. Dan uniknya lagi, debit airnya tetap normal walaupun saat musim kemarau tiba.

Curup Maung menyajikan pesona keeksotisan bebatuan yang ditumbuhi lumut yang terlihat menyembul dari balik tirai air terjun. Pada bagian bawah air terjun sering dijadikan tempat untuk bermain air, mandi dan berenang oleh para traveller yang berkunjung.

Air Terjun Pintu Langit Tanjung Taring

Berada di Kota Pagar Alam tidak akan lengkap jika belum mengunjungi wisata air terjun Sumatera Selatan yang satu ini. Dengan ketinggian sekitar 35 meter membuat aliran air yang jatuh cukup deras. Namun Anda masih bisa berenang sambil menikmati airnya yang dingin dan menyejukkan.

Air Terjun Temam

Wisata air terjun Temam ini dikenal juga dengan sebutan Niagara Mini. Terletak di Kabupaten Lubuk Linggau, air terjun yang satu ini menawarkan keindahan alam dan lingkungannya yang  asri layaknya Niagara Fall. Selain itu, air terjun temam juga memiliki celah batu yang melengkung ke bawah curup. Para pengunjung biasa memanfaatkan celah tersebut untuk duduk-duduk sambil menikmati panorama yang menyejukkan.

Curup Buluh

Untuk bisa mencapai lokasi Curup Buluh, Anda harus menuruni bukit yang gembur. Namun jangan takut, di sekitar air terjun sudah terdapat tangga yang sederhana yang terbuat dari kayu sebagai pegangan. Yang menjadi ciri khas curup ini adalah airnya yang tidak langsung jatuh, melainkan terlebih dahulu pecah oleh bebatuan yang menumpuk di bawah aliran airnya.

5 wisata air terjun Sumatera Selatan paling populer yang sayang untuk dilewatkan ini bisa Anda kunjungi bersama dengan teman dan keluarga tercinta. Nikmati panorama keindahan alam yang menyegarkan dan tidak kalah dengan negara lain.