Tips Memilih Buah Jeruk Baby Pacitan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Tips Memilih Buah Jeruk Baby Pacitan dan Manfaatnya bagi Kesehatan! Dari berbagai jenis buah jeruk, baby Pacitan merupakan buah jeruk yang paling disukai oleh semua orang karena terkenal rasanya yang manis walaupun kondisi buahnya belum terlalu matang. Namun ada juga jeruk Pacitan yang rasanya asam.


jeruk baby

Baca juga artikel lain di : http://firdaus.student.ittelkom-pwt.ac.id/

Tips Memilih Buah Jeruk yang Manis

Agar tidak salah memilih, ada tips khusus untuk bisa memilih buah jeruk Pacitan yang manis, tips yang pertama adalah perhatikan tekstur kulit jeruk Pacitan. Salah satu tanda buah jeruk sudah matang dan rasanya manis dapat dilihat dari tekstur kulitnya yang terlihat halus. Hindari memilih kulit jeruk yang kasar dan tebal karena rasa buahnya kurang segar dan kandungan airnya juga sedikit.

Jangan dipilih jika terdapat bercak hitam seperti tahi lalat, pilih yang kulitnya mulus dan halus. Carilah jeruk baby yang bentuknya agak oval dan hindari jeruk yang bentuknya agak bulat. Untuk mendapatkan  jeruk yang manis, pilih yang teksturnya tidak keras dan tidak rapuh dengan cara menekan bagian atas jeruk.

Manfaat Buah Jeruk bagi Kesehatan

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Kanker

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker usus. Sedangkan karotenoid dan beta cryptoxanthin mampu mengurangi resiko terkena kanker paru-paru. Dan ada pula D-limonene yang mampu menurunkan resiko kanker mulut, kanker kulit dan kanker lainnya.

Kolesterol

Manfaat buahjeruk baby Pacitan selain menurunkan resiko kanker juga mempunyai manfaat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan polymethoxylated flavon bisa membantu untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan obat kimia lainnya.

Sariawan

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah jeruk adalah vitamin C yang tinggi. Bagi yang sedang sariawan bisa diobati dengan konsumsi buah jeruk secara teratur. Yang perlu diperhatikan adalah, konsumsi buah yang mengandung vitamin C dengan bijak. Terlalu banyak vitamin C juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Diabetes

Bagi yang memiliki penyakit diabetes, salah satu pantangannya adalah tidak boleh makan yang manis-manis termasuk buah. Tapi jeruk baby pacitan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi. Rasa manis yang ada pada buah jeruk mengandung fruktosa dan serat justru berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi buah jeruk sangat aman jika dimasukkan ke dalam menu diet gula bagi penderita diabetes.

Osteoporosis

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah jeruk selain vitamin C adalah kalium alami yang sangat diperlukan bagi tubuh. Kalium ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko osteoporosis.

Menjaga Tekanan Darah

Selain kalium yang berguna untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, magnesium yang terdapat pada jeruk baby Pacitan juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Sehingga bagi seseorang yang memiliki darah tinggi atau darah rendah tetap aman jika ingin mengkonsumsi buah jeruk.

Dengan mengetahui tentang tips memilih buah jeruk baby Pacitan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh bisa dijadikan pedoman saat akan membeli buah jeruk. Ingatlah untuk selalu jaga kondisi tubuh, perbanyak minum air putih dan konsumsi buah jeruk dengan rutin dan bijak.